Blog Untuk Semua

Everything for Everyone

Menyingkat Prompt Shell Linux

Tinggalkan komentar

Buat yang bosen ngeliat terminalnya gitu – gitu aja, saya akan memberikan tips untuk menyingkat nama pada console anda.
Supaya anda lebih sering di terminal di banding cara otomatis. Pada postingan saya kali ini saya menggunakan backtrack dari distro debian, kenapa harus backtrack? Karena distro linux yang saya punya dan mendukung untuk postingan saya kali ini hanya backtrack.
Pertama saya akan mengedit pada bagian user saja cara untuk mengedit superuser berbeda. Baiklah ikuti langkah-langkahnya :

bisa menggunakan text editor apa saya, setelah itu ENTER, lihat gambar di bawah ini :

Yang saya berikan koment # adalah yang default dari sananya sedangkan yang di atasnya itu yang saya buat. Jangan lupa di save setelah itu. Disana hanya saya tambahkan sdikt warna di awal \[\e[0;32m\] dan di akhir \[\e[m\ lalu selesai. Dan buka terminal baru lihat hasilnya. sekarang.

Sudah berubah warnanya…
warna prompt shell :
warna hitam ==> PS1=”\[\e[31;1m\]\u@\[\e[30;1m\]\H: -> \[\e[0m\]“
Black 0;30 Dark Gray 1;30
Red 0;31 Light Red 1;31
Green 0;32 Light Green 1;32
Brown 0;33 Yellow 1;33
Blue 0;34 Light Blue 1;34
Purple 0;35 Light Purple 1;35
Cyan 0;36 Light Cyan 1;36
Light Gray 0;37 White 1;37
warna merah ‘\[\e[0;31m\]warna merah\[\e[m\] ‘

Tinggalkan Balasan

